Tuesday, March 24, 2015

Diklat Kader Pemuda Malang Raya

Diklat Kader Pemuda Malang Raya  Forum Pemuda LDII dan Forum Mahasiswa Malang Raya telah berhasil melaksanakan salah satu program kerja diawal tahun 2015, yaitu Open Rekruitmen dan Diklat Pemuda LDII Malang Raya. Kedua organisasi ini berkolaborasi melalui kegiatan bertajuk “Peran Kader Pemuda LDII dalam Menghadapi Tantangan Organisasi Masa Depan” untuk menjaring bakat dan potensi para generasi muda untuk aktif tergabung dalam organisasi kepemudaan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan regenerasi kepengurusan organisasi. 

Diklat Kader Pemuda Malang Raya

     Kegiatan diklat ini terbagi menjadi dua yaitu diklat indoor dan outdoor. Diklat indoor dilaksanakan dalam beberapa tahap yakni pada tanggal 25 Februari di aula Al-Arsya Pondok Pesantren Muflikhun dilanjutkan pada 27 Februari dan 1 Maret bertempat di aula masjid Roudlotul Jannah Sukun. Beberapa narasumber diundang untuk mengisi acara antara lain Haryadi, S.Pd, Drs. Heri Susanto, dan Ir. Jasuma Jaya Husda. Tak lupa, alumnus HIMALAYA (Himpunan Pemuda Malang Raya) juga turut memberikan dukungannya dengan menghadirkan Erwin Widriawan, S.T. dan Teguh Pidekso Adhinoto, S.T.

     Melalui kegiatan diklat indoor, para peserta dibekali wawasan berorganisasi, manajemen organisasi, manajemen waktu dan stress, hingga simulasi sidang.Para peserta bersemangat selama kegiatan ini berlangsung, nantinya 65 orang peserta ini akan diseleksi ulang untuk menjadi anggota Forum Pemuda LDII dan Forum Mahasiswa Malang Raya. Diklat dua organisasi kepemudaan ini dilaksanakan bersama karena memang sejarah dua organisasi ini berasal dari cikal bakal organisasi yang sama. Selain itu visi misi yang diusung pun juga sama. “Juga agar kegiatan open recruitment dan diklat pemuda ini bisa lebih meriah”, imbuh Mukhammad Ikbal Riza selaku ketua pelaksana.


      Puncak dari serangkaian acara Open Rekruitmen dan Diklat Pemuda ini yaitu diklat alam yang diadakan di bumi perkemahan Bedengan, Selorejo, Kabupaten Malang (7-8/3). Melalui konsep penggemblengan, diharapkan potensi dan kesungguhanan peserta bisa terlihat. Hadir untuk membuka acara Diklat Pemuda yaitu H. Abd Wahid selaku ketua DPD LDII Kabupaten Malang dan Sutrisno selaku sekertaris DPD LDII Kabupaten Malang.


       Dr. H. Achmad Jamhuri turut hadir dan menyampaikan materi “Meningkatkan Semangat Juang Generasi Muda”. Gaya penyampaian yang ramah, interaktif dan penuh semangat mampu membakar semangat generasi muda. Ada 4 hal yang disampaikan oleh beliau yaitu tanamkan kefahaman yang kuat dan kokoh kepada diri kita sendiri, sebanyak mungkin berusaha menolong agama Allah dengan ber Amar Ma’ruf, memperbanyak amalan rutin (andalan), selalu ingat untuk mendoakan kepada kedua orang tua dan saudara. Hujan deras yang mengguyur pun tidak menyurutkan semangat para peserta. Terbukti semua tetap antusias mendengarkan materi seputar tugas pokok dan fungsi organisasi dari Abdul Sodiq Amrulloh, S.T. selaku Ketua Umum Forum Mahasiswa Malang Raya. 
Pukul 02.00 WIB para peserta dibangunkan untuk melakukan kegiatan jelajah malam sembari berdoa disela-sela perjalanan penjelajahan.

       Walaupun para peserta merasakan waktu istirahat yang cukup singkat, namun saat mengikuti senam dan yel-yel  semua terlihat kompak. Keseruan dan kekompakan para peserta serta panitia terlihat selama games dan kegiatan outbound. Salah satu peserta, Laila Alfi Nurhasanah, mengaku bahwa motivasi mengikuti acara ini adalah untuk mengetahui organisasi diluar kampus karena ia mengaku sudah sangat sering dan banyak mengikuti kegiatan organisasi dikampusnya. Mahasiswi Psikologi Universitas Muhamaddiyah Malang ini juga mengaku mendapatkan pengalaman yang sangat banyak baik menyenangkan atau mungkin sedikit kurang menyenangkan. 

Kegiatan ditutup oleh pengurus DPD LDII Kabupaten Malang dilanjutkan pengukuhan anggota Forum Pemuda LDII dan Forum Mahasiswa Malang Raya. Penyematan pin pada perwakilan peserta secara resmi mengukuhkan peserta menjadi bagian dari Forum Pemuda LDII dan Forum Mahasiswa Malang Raya. Semoga dengan adanya Diklat Pemuda ini  terlahir para kader muda LDII yang berjiwa militansi dan memiliki semangat daya juang yang tinggi agar peranan organisasi kepemudaaan dan kemahasiswaan bisa lebih meningkat. (Chasa/Dodi)




1 comments:

  1. Nice Post (y)

    Catering murah daerah Malang, Batu, dan sekitarnya. Harga mahasiswa. Dapatkan diskon 10% jika di posting di sosial media kalian. Buruan pesan. Murah, Enak dan Mahasiswa banget. Hubungi 083834375641/75286D3B

    ReplyDelete


iklan

 

Copyright © Forum Mahasiswa LDII. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com